logo blog

Pentingnya memberikan ASI bagi Ibu dan Bayi


Pemberian ASI ekslusif sangat dianjurkan, karena ASI memang sangat penting bagi bayi karena nutrisinya sangat sempurna, lebih mudah dicerna, dan melindungi dari berbagai infeksi. Sementara bagi ibu yang menyusui melindungi kesehatan ibu dan menunda kehamilan selanjutnya.

dr. Utami Roesli, SpA., IBCLC., FABM., Ketua Sentra Laktasi Indonesia di acara Edukasi Laktasi bagi karyawan BCA, Kamis (4/7) berkata, “Lakukan proses menyusui secepatnya 1 jam setelah melahirkan. Ini akan mengurangi kematian bayi sebanyak 22 persen.”

Berbagai macam penyakit bisa dihindari bagi ibu menyusui, terhindar dari kanker payudara, kanker ovarium, risiko diabetes, risiko hipertensi, osteoporosis, obesitas, dan stres. “Sedangkan anak akan lebih sehat, mengurangi asma, dan terhindar dari cacat mental. Berikan ASI eksklusif sampai 6 bulan lamanya. Setelah itu berikan makanan keluarga yang baik buat mereka.”

Bagi ibu menyusui yang sudah habis masa cutinya dan harus kembali bekerja, dukungan dari perusahaan sangat membantu. “Berikan ruangan privat yang nyaman, waktu yang fleksibel paling lama membutuhkan waktu 1 jam, dukungan dari manajemen, dan yang paling penting adalah edukasi laktasi,” bahas Sri Sukotjo dari UNICEF.

sumber: www.tabloidnova.com,www.airsoft-cro.com

Punya pertanyaan, kritik dan saran berkaitan artikel ini, silahkan tulis boleh memakai Anonymous, kami akan segera menanggapainya.
EmoticonEmoticon