logo blog

6 Tips Sederhana Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara menjadi momok menakutkan yang menghantui kesehatan khususnya para wanita. Karena kanker payudara bisa terjadi pada siapa saja. Namun dengan membiasakan hidup sehat dan bersih dapat sedikit membantu mengurangi resiko terkena kanker payudara. Berikut cara-cara sederhana untuk para ladies.

1. Memiliki berat badan yang ideal
Wanita yang memiliki berat badan yang tidak sehat atau obesitas cenderung membuat resiko terkena kanker payudara menjadi lebih tinggi. Bahkan wanita yang berat badannya berlebihan bisa membuat ia terkena kanker payudara lagi bila memiliki riwayat pernah mengidap kanker payudara.

2. Bergerak Aktif
Menurut penelitian, resiko terkena kanker payudara dapat diturunkan dengan aktif bergerak selama empat hingga tujuh jam dalam seminggu.

3. Menghindari konsumsi rokok dan alkohol
Hormon reseptor positif kanker payudara dalam tubuh manusia menjadi meningkat dengan mengkonsumsi alkohol. Merokok bukan saja meningkatkan resiko terkena kanker payudara bagi diri perokok aktif sendiri namun juga bagi perokok pasif disekitarnya. Jadi hindari rokok dan alkohol ya.

4. Jangan tunda memilik anak
Memiliki anak pertama sebelum usia 30 tahun mampu membantu menurunkan resiko terkena kanker payudara pada wanita.

5. Menyusui
Menyusui selain memberikan gizi terbaik bagi sang buah hati dan membangun kedekatan anatar ibu dan anak jua dapat membantu menurunkan resiko kanker payudara.

6. Pertimbangkan HRT
HRT (Hormone Replacement Therapy) biasa dilakukan oleh wanita yang sudah memasuki masa menopause. Hormone Replacement Therapy bisa meningkatkan risiko kanker payudraa pada wanita. Jika Anda mulai mengalami gejala menopause, pertimbangkan dulu baik buruknya menggunakan HRT dan jika ada pilih cara non-HRT. Jika terpaksa menggunakannya, jangan lebih dari waktu lima tahun.

Punya pertanyaan, kritik dan saran berkaitan artikel ini, silahkan tulis boleh memakai Anonymous, kami akan segera menanggapainya.
EmoticonEmoticon