logo blog

Jika Nafsu Makan Anak Berkurang Apakah Sedang Cacingan ?

obat untuk mengobati cacingan dan meningkatkan nafsu makan anak

Punya anak usia balita dan sekolah bunda ? di usia tersebut rentang terhadap cacingan Indonesia merupakan daerah endemis cacingan, dimana sebanyak 60-80% penderitanya adalah anak sekolah dan balita. Penyakit yang bersumber dari binatang cacing ini lebih mudah menyerang anak-anak, karena kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh masih rendah. Apalagi jika anak senang principal di tanah. Mengenai gejala anak cacingan, dr.Rospita mengatakan bahwa seringkali tidak tampak gejala yang spesifik pada anak cacingan, sehingga kerap tidak terdiagnosis. Namun jika diperhatikan feses/tinja anak cacingan dapat ditemukan cacing maupun darah.

Anda tentu akan kesulitan jika harus mengecek tinja anak setelah ia buang air besar.

Namun Anda dapat memerhatikan gejala yang umum terjadi ini:

  • Kurang nafsu makan, lesu, perut buncit
  • Berat badan turun
  • Nyeri perut, mual-mual, muntah
  • Diare atau sembelit
  • Keluar cacing dari mulut atau dubur. Jika penyebab cacingan adalah jenis cacing kremi, telur biasanya dapat ditemukan di sekitar dubur.
  • Kadang disertai gatal di sekitar anus

Jika menemukan gejala tersebut terjadi pada anak, Anda dapat langsung memberikan ia obat cacing yang mengandung bahan aktif pirantel pamoat. Cara kerja obat ini adalah melumpuhkan cacing dalam usus anak, kemudian membuangnya melalui saluran cerna.

Untuk mencegah cacingan pada anak, selain menjaga kebersihan dengan cuci tangan menggunakan sabun, minum air bersih, dan selalu memakai alas kaki saat bermain di luar.

Untuk meningkatkan nafsu makan anak sekaligus mengobati cacingan pada anak, Bunda bisa memberikan suplemen madu Syifa Kids Nafsu Makan, suplement herbal dari madu asli dipadukan dengan ramuan herbal yang diformulasikan khusus untuk meningkatkan nafsu makan anak sekaligus mencegah dan mengobati cacingan.


Punya pertanyaan, kritik dan saran berkaitan artikel ini, silahkan tulis boleh memakai Anonymous, kami akan segera menanggapainya.
EmoticonEmoticon